Berita / Ceramah

Fengshui Bukan Mistik


Feng shui :

arti harfiahnya adalah "Angin dan Air."

Energi dibawa oleh angin dan berhenti saat bertemu dengan air.

Feng shui merupakan ilmu metafisika China yang mengatur tata letak bangunan, disesuaikan dengan karakteristik energi di lokasi.

Bukan sekedar menganalisa, bukan pula sekedar menghitung, tetapi juga "melihat" keadaan di lokasi dan di bangunan yang dianalisa.

Melihat dengan jeli sikon lingkungan sekitar.

Jangan percaya feng shui karena feng shui bukanlah agama / kepercayaan; bukan pula mistik / klenik.

Disadari atau tidak, diaplikasikan atau tidak, feng shui berpengaruh terhadap semua orang tanpa batas etnis, agama, usia, jenis kelamin, tempat tinggal.

 Syarat mengaplikasikan feng shui mudah; yaitu: berwawasan terbuka dan punya pola pikir positif.Siapa saja, dimana saja, dan kapan saja dapat dan boleh mengaplikasikan feng shui.

Dari sisi space/tempat,  aplikasi feng shui sangatlah luas; mulai untuk sebuah kubikal sampai suatu kawasan /negara. Dari sisi time/waktu, aplikasi feng shui berlaku mulai dari seorang bayi belum dilahirkan (mencari timing buat Caesar) hingga saat seseorang meninggal dunia (mengatur feng shui kuburan.)

 

Mengapa kita butuh fengshui?

Jawabnya adalah karena 1/3 jawaban atau solusi atas masalah-masalah kita ada di fengshui.

 Hidup manusia membutuhkan 3 hal penting:

1. Tian - Langit

Yang termasuk faktor ini ialah menyangkut jenis kelamin, etnis, status sosial keluarga dimana kita lahir dan timing kita lahir. Analisa ba zi memakai timing lahir kita sebagai dasar hitungannya. Analisa ba zi memberikan gambaran bagaimana kehidupan kita.

 2. Ren - Manusia

Yaitu  semua usaha dan tindakan yang kita lakukan agar kehidupan lebih positif. Keahlian / ketrampilan kita mengarungi kehidupan.

Meliputi sifat, moral, pendidikan, pergaulan dan lain-lain yang membentuk kualitas dari manusia

 3. Di - Bumi

Yaitu feng shui, kondisi lingkungan / alam sekitar tempat dimana kita berada. Dan juga menyangkut sikon bangunan dimana setiap hari kita meluangkan waktu. Rumah, kantor, dan aneka tempat yang mana kita menghabiskan waktu sehari-hari.

 

Dari sisi spiritualisme, Tian (langit) diibaratkan sebagai ayah; dan Di (bumi) diibaratkan sebagai ibu.

Dalam mencari solusi kita cenderung bertindak seperti orang buta yang mendeskripsikan rupa seekor gajah.

 Egosektoral tidak akan dapat menyelesaikan masalah; butuh gabungan dan kerjasama dari beberapa cabang ilmu pengetahuan barulah bisa mendapatkan jawaban atas problem.

 Melihat feng shui dapat dilakukan dengan tehnik 'he-xiang' atau "menebak gambar." Maksudnya kita mengamati sikon lingkungan plus objek-objek yang ada dan mendeskripsikan "bentuk/wujud" nya.

Pada 'he-xiang' kita melihat lingkungan sekitar dan bangunan sebagai makhluk hidup yang memiliki bentuk tertentu yang menggambarkan karakter tertentu pula.

 

Salah satu contoh pengaruh feng shui:

-> Posisi pohon berada tepat di depan pintu rumah; hal ini akan menghalangi keberhasilan dalam usaha, mendatangkan banyak problem dalam hidup.

 

Bangunan ibarat wajah manusia dapat menceritakan banyak hal.

> Rumah dengan keberadaan tiang di tengah-tengah bangunan; ataupun bentuk bangunan bundar dan kotak akan mengakibatkan kondisi penghuni rumah menjadi tidak akur.

> Rumah dengan kontur tanah yang miring akan mengakibatkan ketidak-seimbangan antara peran suami & istri.

> Pintu rumah yang tersembunyi akan mengakibatkan sulitnya mencapai keberhasilan dalam usaha; membutuhkan waktu, usaha keras / berulang-ulang untuk dapat berhasil.

 

3 ruang penting yang harus diperhatikan :

1. Pintu masuk ke bangunan

2. Kamar Tidur

3. Dapur

 

PINTU

- terkait dengan ketenaran / nama baik

Tidak terhalangi oleh benda apapun misalnya pohon, kotak surat, tiang listrik dll supaya rejeki dapat mudah masuk ke dalam rumah.

Hindari pula beberapa pintu segaris karena uang yang masuk akan mudah untuk keluar.

Jika menyukai 'gardening' jangan dibuat halaman depan penuh dengan tanaman dan maze yang berliku-liku, karena semua tadi akan berpengaruh pada kehidupan yang jelimet.

 

KAMAR TIDUR

- terkait harmonisasi dan kesehatan keluarga

Sebaiknya tidak ada pintu untuk akses ke outdoor area, karena akan berpotensi terjadi perselingkuhan dalam hubungan suami-istri.

Posisi tempat tidur tidak membelakangi pintu karena akan berpengaruh pada potensi tipu muslihat dalam kehidupan.

 

DAPUR

- terkait keuangan dan wellbeing penghuni perempuan.

Warna dapur supaya tidak gelap / hitam karena warna hitam adalah warna unsur Air. Air akan mematikan/melemahkan unsur Api (ruang dapur dan kompor), yang artinya melemahkan keuangan si penghuni.

Hindari posisi jendela tepat diatas kompor karena uang akan lebih mudah hilang.

Pintu tidak boleh segaris kompor; meja makan simbol keuangan tidak boleh berada dekat dengan pintu langsung ke outdoor area.

Ruang-ruang lain, selain 3 ruang yang disebutkan diatas adalah tidak terlalu berpengaruh alias ruangan sekunder.

 

Tahun Anjing

Karakteristik anjing adalah jujur dan setia. Ini mengapa pada tahun Anjing tendensi perselingkuhan menurun.

Tahun yang riskan dengan perselingkuhan adalah tahun Ayam dan tahun Monyet.

Arah hadap rumah sebaiknya mengikuti arah yang cocok si suami sebagai kepala rumah tangga.Angka keberuntungan tergantung pada apa unsur hoki sesuai ba zi seseorang. Angka-angka:

1 Air

2 Api

3 Kayu

4 Logam

5 Tanah

Demikian yang dapat saya ulang. Mohon maaf jika ada kesalahan pendengaran dan pemahaman.

Satu hal yang harus kita garis bawahi adalah feng shui hanya 1/3 "jawaban" dari problem dalam kehidupan kita. Masih ada 2/3 bagian lainnya yang juga ikut menentukan baik buruknya kehidupan kita yaitu 'Tian' dan 'Ren'.

Jika karena keterbatasan sumber daya kita belum mampu mendapatkan / merubah feng shui rumah / tempat tinggal kita; bukan berarti kita akan gagal menjalani hidup. Kita sebagai manusia 'Ren' yang memiliki keahlian dan ketrampilan haruslah berusaha dan bertindak dengan maksimal sehingga mendapatkan kesuksesan hidup alias berhasil jadi "manusia!"




Related Postview all

Inspirasi Hidup

access_time27 September 2018 - 16:39:27 WIB pageview 1177 views

Kita sebagai manusia akan melewati jenjang-jenjang kehidupan. Perkiraan umur manusia sekitar 70-75 tahun. Jika saat ini usia kita 40 tahun, maka perkiraan sisa usia kita adalah 30 tahun ... [Selengkapnya]

Berkah Utama

access_time27 September 2018 - 16:27:49 WIB pageview 1940 views

MAṄGALA SUTTA (Sutta tentang Berkah) Adalah Bhikkhu Ananda, murid Sang Buddha yang memiliki daya ingat luar biasa yang selalu menemani Sang Buddha dalam perjalanannya membabarkan ... [Selengkapnya]

menu SASANA SUBHASITA
menu